Beton

4 Perusahaan Concrete Pump Terbesar

4 Perusahaan Pompa Beton Terbesar

Kali ini kami mencoba membuat list mengenai 4 perusahaan pompa beton terbesar didunia yaitu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan concrete pump.

Perusahaan-perusahaan tersebut secara khusus memproduksi dan merakit armada pompa beton sebagai alat pendukung dalam berbagai kebutuhan proyek bersekala besar dalam bidang pengecoran.

Hampir dapat dipastikan bahwa pada proyek pengecoran dibutuhkan yang namanya concrete pump atau pompa beton, terutama pada daerah atau media yang tidak dapat dijangkau oleh truck mixer/molen

Penawaran menarik untuk kebutuhan pengecoran, bisa dilihat di: harga sewa pompa beton

Hal yang perlu diperhatikan mengenai paparan ini bukanlah promosi maupun memberikan ranking terhadap masing-masing perusahaan tersebut

Seluruh materi kami rangkum dari web profile masing-masing perusahaan dan dari Wikipedia. Untuk lebih seksama lagi mengenai artikel ini berikut ini semua perusahaan-perusahaan tersebut.

1. Putzmeister

pompa beton putzmeisterPutzmeister adalah produsen pompa beton berasal dari Jerman. Kantor perusahaan Concrete Pump ini berpusat di Kota Aichtal, dan salah satu yang terbesar dalam bidang pembuatan pompa beton.

Pendiri Putzmeister oleh seorang pengusaha bernama Karl Schlecht pada tahun 1958. Pembuatan tersebut didasari atas tesis diplomanya di Universitas Stuttgart dalam merancang mesin mortir.

Pada tahun 1986 salah satu tipe amarada concrete pump yaitu Putzmeister 52Z pernah digunakan dalam kecelakaan nuklir Chernobyl, yaitu memompa lebih dari 400.000 meter kubik beton untuk memperbesar salsah satu reaktor, dan menjadi rekor dunia dalam volume pemompaan beton

DEALER PUTZMEISTER INDONESIA

NAMA PERUSAHAANPRODUKALAMAT
P.T. Teksindo Serviguna Pergudagangan Semanan MegahConcrete Pumps /Telebelt
Tunnel machines
Jl. Daan Mogot KM 18
Blok B, No 3
11850 Jakarta
PT. Maju Langgeng MandiriMortar machine DynajetTaman Meruya Plaza blok E 14/ 17
Taman Meruya Ilir
Jakarta
BCU P.T. Bumi Cahaya UnggulIndustrial PumpsJl. Rawa Kepiting No. 3
13920 Indonesia

PRODUK-PRODUK CONCRET PUMP PUTZMEISTER

Adapun jenis-jenis produk pompa beton yang diproduksi oleh Putzmeiser cukup banyak, dan sebenarnya tidak fokus pada perakitan pompa beton saja melainkan pada dunia Industri, disini kami ulas pada produksi yang berkaitan dengan pompa betonnya saja.

  • Boom Pumps
    Memproduksi berbagai ukuran boom atau selongsong penghantar beton dari ukuran panjang 60 kaki hingga 227 kaki
  • Armada pengangkut pompa beton yang dapat bongkar pasang
  • Pompa porable atau di Indonesia diistilahkan dengan nama pompa kodok

Anda memiliki poroyek yang berhubungan dengan pengecoran? lihat penawarannya di harga ready mix

2. SCHWING

Pompa beton SchwingSchwing GmbH (Gesellschaft mit Beschrankter Haftung) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan juga merancang concrete pump dan truk mixer.

Perusahaan Schwing berdomisili dan berpusat di kota Herne Jerman dengan memiliki jumlah karyawan lebih dari 3300 orang di seluruh negara di tujuh negara.

Saat ini, perusahaan  concrete pump tersebut terus berkembang, termasuk di pasar Indonesia  di mana pembangunan gencar dilakukan di berbagai daerah baik oleh pemerintah maupun swasta

Baca juga: Spesifikasi Pompa Beton

Schwing Group telah memperkenalkan berbagai produk, bukan hanya berupa concrete pump namun juga berbagai produk untuk menunjang proses konstruksi dan pembangunan infrastruktur. Untuk produk concrete pump sendiri, produk yang dikeluarkan ialah BP 1800, BP 2800, cp 18 dan CP30 batching plant. Dengan kualitas dan produk yang memiliki banyak pilihan spesifikasi inilah, Schwing mampu menjadi salah satu perusahaan concrete pump di Indonesia bahkan di dunia.

Di Indonesia sendiri, Schwing berpusat di Jakarta yang dilengkapi dengan servis dari teknisi terbaik yang telah mendapat pelatihan khusus dari Schwing group.

Maka, pengalaman dan professional dari Schwing membuatnya memilki nilai jual yang tinggi dan kepercayaan dari pada konsumennya. Tak heran jika perusahaan concrete pump ini menjadi salah satu yang  terbesar dan mendunia

3. LIEBHERR

Pompa Beton LiebherrLiebherr group  adalah sebuah perusahaan yang berpusat di Switzerland. Perusahaan ini memiliki 130 anak perusahaan yang terbagi ke dalam beberapa spesifikasi produk khusus, seperti: concrete pump, mobile crane, tower crane, transportasi konstruksi, alat-alat konstruksi, dan berbagai alat serta sistem yang mendukug kerja konstruksi baik skala besar maupun kecil.

Liebherr group termasuk salah satu perusahaan concerete pump yang terbesar, bukan hanya di Indonesia namun didunia. Bahkan untuk jajaran perusaaan di penjualan alat konstruksi crane, Liebherr group adalah yang paling besar di dunia, tepatnya di tahun 2007.

Crane dari Liebherr group bisa dibilang termasuk yang paling tinggi yang mampu mengangkat beton dengan beban 3000ton dengan ketinggian mencapai 248 meter. Untuk produk-produk lainnya, Liebherr group juga memiliki kuaitas yang terbaik, termasuk produk concrete pump. Dengan spesifikasi produk yang luar biasa maka tidak heran bahwa perusahaan concrete pump ini selalu jadi pilihan dari para konstraktor besar kelas dunia untuk menunjang pekerjaan konstruksi, utamanya proyek-proyek skala besar. khususnya untuk pembangunan gedung tinggi tentu butuh concrete pump yang kompeten di bidang kerjanya, maka pemilihan alat kosntruksi ini perlu dipilih dari yang terbaik.

Pendirian perusahaan kelas dunia ini diprakarsai oleh Hans Liebherr  yang kini kepemilikan dikuasai oleh keluarga Liebherr. Berbagai produknya bisa dilihat dengan detail di website officialnya berikut dengan masing-masing spesifikasinya.

Bukan hanya concrete pump, segala kendaraan dan juga peralatan  yang mendukung kerja konstruksi dapat ditemukan dan direview di website tersebut.

4. CONCORD

Jika ada pertanyaan, armada pompa beton mana yang terbaik, maka Concord Construction adalah satu diantara sekian perusahaan konstruksi yang ada. Perusahaan ini bukan hanya memproduksi concrete pump dan peralatan berat kosntruksi lainnya di Indonesia, namun di seluruh penjuru dunia.

Bagi kontraktor proyek sendiri, ada berbagai pertimbangan dalam memilih concrete pump terbaik dengan kualitas bagus namun dengan harga ekonomis. Concrete pump Concord bisa jadi pertimbangannya.  Ada begitu banyak spesifikasi dari jenis concrete pump Concord.

Berikut ini salah satu spesifikasi salah  satu concrete pump Concord dengan tipe CCP-38XZ4-170

CONCORD TYPE CCP-38XZ4-170

Model concrete pumpIPF90B-5N21
Tiper MesinHidraulic Reciprocating Piston
Kapasitas Pengiriman171 m3/jam
Tinggi Horizontal maksimal34,2 m
Kemampuan Rotasi370 derajat
Artikulasi95/187/259/245
Sistem Concrete PumpWater washing
Kapasitas Tangki400 L air

TENAGA YANG DIBUTUHKAN UNTUK PEKERJAAN POMPA BETON

Untuk melakukan pengerjaan pengecoran dengan  satu grup concrete pump, maka tenaga manusia yang dibutuhkan ialah:

  • 1 mandor dan 20 tenaga kerja

Sedangkan untuk mengetahui kapasitas produksi dari pengecoran, maka bisa dilihat dari panjang pipa pengecoran pada concrete pump yang digunakan.

Concrete pump sendiri merupakan salah satu mesin yang dipakai untuk memindahkan beton ketempat konstruksi, yang sulit dijangkau hanya dengan truck mixer, seperti gedung-gedung tinggi maupun jalan atau gang sempit.

Maka, salah satu kualifikasi concrete pump terbaik ialah yang memiliki panjnag lengan maksimal yang dapat memindahkan beton segar ke struktur. Tentunya dengan mengindahkan  besaran lengan atau pipa yang membuat pekerjaan konstruksi makin cepat jika volumenya besar.

KUALIFIKASI POMPA BETON

Mesin concrete pump juga harus memenuhi beberapa kualifikasi sebagai berikut untuk bisa memperlancar kerja konstruksi:

  • Mesin pompa beton mampu memompa beton segar secara terus menerus dengan volume yang konsisten
  • Pompa dapat bergerak fleksibel, baik vertical maupun horizontal
  • Memiliki lengan yang pajang hingga mampu menjangkau konstruksi yang tinggi
  • Mudah penggunaan dan aplikasi sehingga menghemat tenaga manusia dan waktu pengerjaan yang makin cepat.

Pemilihan produk dan perusahaan concrete pump juga harus didasarkan pada kebutuhan konstruksi. Pasalnya ada dua jenis concrete pump: fixed concrete pump dan mobile concrete pump.

Untuk kebutuhan konstruksi yang memiliki ketinggian lebih dari 5 lantai, maka fixed concrete pump bisa jadi pilihan terbaiknya. Namun, produk ini memiliki kelemahan berupa tidak bisa dipakai untuk pengecoran konstruksi dibawah 5 lantai. Jika ingin menggunakan concrete pump ini untuk lantai dasar, maka dibutuhkan pemasangan pipa penyalur beton hingga butuh lebih banyak tenaga dan waktu.

Penawaran Beton Cor dapat dilihat dan klik: harga Jayamix

Berbeda dengan fixed concrete pump, mobile concrete pump lebih efektif digunakan untuk konstruksi yang tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, sebelum memutuskan untuk membeli concrete pump dari perusahaan mana, terlebih dahulu harus menentukan jenis concrete pump yang dibutuhkan untuk pengerjaan konstruksi tersebut.

Produsen truk mixer ini sampai saat ini yang paling tangguh rata-rata armada buatan Eropa dan Jepang, mengenai harga truk mixer ini untuk jenis kendaraan baru boleh dibilang cukup tinggi.

Demikianlah ulasan mengenai 4 perusahaan yang memproduksi concrete pump untuk kebutuhan kosntruksi di dunia, termasuk di Indonesia. Pilihan terbaik bagi setiap konstruksi bukan hanya dilihat dari kuaitasnya, namun juga tujuan pemakaian dan  kesesuain dengan anggaran.


Referensi:

Wikipedia on PutzmeisterOfficial Putizmeister

3 thoughts on “4 Perusahaan Concrete Pump Terbesar

  1. Arief Arsa Jaya berkata:

    Apakah ada dasar-dasar SOP yang harus digunakan dalam pemilihan concrete pump?

    Jika ada seperti apa? Dan spesifikasi dari setiap concrete pump

  2. dian indiarto berkata:

    Saya Dian Indiarto dari PT. Tomo Diko Sejati.
    Mohon bisa diberikan penawaran harga concrete pump truck kapasitas 20 m3/jam. Kami rencananya ada kebutuhan 2 unit.
    Terima kasih atas supportnya.

    Best Regards,

    Dian Indiarto
    PT. Tomo DIko Sejati
    Mobile Phone : +62-8113**** and +62-813581***

    1. admin berkata:

      silakan bapak hubungi salah satu marketing kami, dapat dihubungi melalui kontak whatsapp maupun telp langsung, demikian terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *