IKHSAN

click the edit button to change this text.

click the edit button to change this text.

Aplikasi dan Fungsi Ground Tank Beton Berikut Pemeliharaan

Aplikasi dan Fungsi Ground Tank Beton Berikut Pemeliharaan
13 Februari 2019 admin
In Beton, Konstruksi
Aplikasi dan Fungsi Ground Tank Beton Berikut Pemeliharaan

Dalam ranah konstruksi banyak jenis dan ragam produk yang dapat diaplikasikan, salah satunya yaitu ground Tank beton, sebagai salah satu carai cara modern untuk menampung air dan dapat dijjadikan alternatif dari sistem resapan air konvensional saat ini yang bisa pula diaplikasikan pada sebuah gedung.

Ground Tank Beton dikenlal juga dengan istilah bak beton atau tandon air dari cor. Inilah tangki resapan air yang modern saat ini. Sekarang, penggunaan metode ini sangat ideal untuk sumur reasapan pengganti sistem konvensional.

Materi pembahasan mengenai definisi graound tank ini bagian dari tambahan informasi mengenai produk beton precast yang kami tawarkan dengan jenis beton precast custom atau non konvensional, untuk melihat lebih detail mengenai penawaran ini dapat ditinjau pada laman spesialis produksi beton precast

Selain itu juga kami menawarkan jenis beton precast lainnya yang keseluruhannya dapat dilihat pada laman harga beton precast

Keunggulan Ground Tank Beton

Salah satu keunggulan dari metode rasapan air ini adalah kapasitasnya yang besar. Beton ini bsia dikirimkan dnegan cepat karena masing-masing bagian terurai. Ketika tiba di lokasi konstruksi, perakitannya juga mudah.

Dengan tukang profesional, instalasinya pun bsia dilakukan. Hal ini karena instalasinya sederhana. Sedangkan untuk fungsi utamanya adalah untuk mengganti sistem resapan air konvensional yang dirasa kurnang praktis. Fungsi lainnya adalah untuk tangki penyimpanan air, kenal bawah tanah, sistem drainase jalan raya, dan untuk menampung air hujan.

Aplikasi Ground Tank Beton

Metode resapan air modern ini disebut pula dengan tangki bawah tanah. Beton menjadi unsur penting untuk penerapannya di lapangan. Inilah salah satu penampungan air, bentuknya seperti bak yang dibangun di atas permukaan tanah.

Dalam aplikasinya, maka metode ini memakai material pelat beton bertulang. Kemudian, material ini dilapisi waterproofing non-toxic atau anti racun. Baru kemudian, pada aplikasinya dipasangkan keramik berwarna putih pada bagian lantainya. Aplikasi ini juga dipasangkan pada dindingnya yang akan membuat tangki menjadi terlihat bersih.

Baca juga harga jayamix

Pembangunan tangki air modern dari beton diaplikasikan sesuai dengan ketentuan SNI yang ada. Aturan tersebut tercantum pada SNI 03-7065-2005 tentang Tata Cara Perencanaan Sistem Plambing Ground tank. Secara singkat, aturan di dalamnya berisi tentang :

  • Tangki air ini bukan merupakan bagian dari bangunan tersebut. Maka dari itulah lokasinya yang di luar ruangan harus tahan akan beban yang mempengaruhinya.
  • Jika tangki diletakkan pada bagian lantai terbawah, maka harus jauh dari lokasi pembuangan. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kebersihan resapan air yang ditampung dalam tangki.
  • Ada ruang bebas di sekeliling tangki. Hal ini bisa memungkinkan pekerjaa melakuakan pemeriksaan sekaligus perawatan.
  • Ada lubang perawatan yang berdiameter minimal 60 cm
  • Untuk pipa keluar dari tangki, maka harus dipasang minimal 20 cm di atas dasar tangki
  • Untuk konstruksinya, harus diusahakan untuk bisa mencegah timbulnya bagian air yang terlalu lama diam pada tangki.

Fungsi Ground Tank

Pemeliharaan Ground Tank Beton

Untuk memastikan kualitas konstruksi maupun air bersih di dalam tangki, maka perlu dilakukan pemeliharaan. Beberapa langkah tersebut seperti yang tercantum di bawah ini :

  • Memastikan operasional alat ukur debit air
  • Memeriksa pembersihan lingkungan bak penampung air
  • Memeriksa kelengkapan sarana dan perbaikan jika terjadi bocor
  • Untuk pemeliharaan harian, maka dilakukan pengurasan tangki air, pembersihan dinding dari kotoran dan endapan yang bisa merusak kualitas air
  • Dalam jangka waktu setidaknya 6 bulanan, maka pemeriksanaan dilakukan pada tangki. Yaitu berupa perbaikan meteran air.

Sistem Ground Tank Beton ini sebagai alternatif dalam penyediaan air bersih bagi bangunan gedung. Karena selain memakai metode ini, banyak gedung yang memakai sistem penyediaan air bersih yang lain. Contoh yang sering dipakai adalah sistem sambungan langsung,  sistem tangki atap, sistem tangki tekan, dan metode lainnya.

Baca juga penawran lainnya dari kami harga box culvert

Pemakaian beton sebagai penampungan dan resapan air sendiri merupakan cara untuk memastikan air tetap bersih dan terkontrol. Belum lagi ketersediaan beton juga mudah ditemui di pasaran. Lengkapi Ground Tank Beton dengan alat-alat dan juga pemeliharaan yang baik. Dengan demikian, maka fungsi utama dari sistem ini bisa terpenuhi.

Demikian informasi mengenai fungsi daripada ground tank ini mudah-mudahan menjadi bahan sumber informasi yang bermanfaat.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Tap contact person di bawah ini untuk melakukan pemesanan dan konsultasi mengenai produk yang kami tawarkan dalam web ini
Chat WhatsApp
Pak Aloy