IKHSAN

click the edit button to change this text.

click the edit button to change this text.

Concrete Pipe Untuk Drainase Solusi Anti Banjir di Perkotaaan

Concrete Pipe Untuk Drainase Solusi Anti Banjir di Perkotaaan
6 Februari 2019 admin
In Beton, Konstruksi
Concrete Pipe Untuk Drainase Solusi Anti Banjir di Perkotaaan

Concrete pipe menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan setidaknya untuk mengurangi resiko banjir akibat hujan atau rembesan air yang menggenang di permukaan tanah sehingga menganggu kegiatan sehari-hari, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Concrete Pipe Untuk Drainase Anti Banjir di Perkotaaan

Concrete pipe atau pipa beton merupakan produk bangunan yang terbuat dari beton material beton precast dan dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki penampang seperti pipa. Concrete pipe juga dikenal dengan sebutan buis beton atau gorong-gorong beton.

Concrete pipe biasanya dibuat untuk pembangunan sumur, spiteng, aliran selokan serta gorong-gorong. Concrete pipe terbuat dengan berbagai ukuran serta kualitas yang bisa dipilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Lihat juga penawaran: harga beton precast

Manfaat Concrete pipe bagi kontruksi drainase

Ada beberapa manfaat Concrete pipe bagi pembangunan terutama drainase seperti yang berikut ini:

  • Untuk membuat pengairan
    Concrete pipe memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk membantu sistem drainase serta pengairan. Drainase adalah suatu cara yang dilakukan untuk membuang kelebihan air pada suatu daerah sehingga tidak menimbulkan banjir.
  • Untuk membuat sumur resapan
    Concrete pipe juga dapat digunakan untuk melindungi dinding tanah pada sumur. Penggunaan Concrete pipe menjadikan pembuatan sumur menjadi lebih mudah sehingga mampu meminimalisir biaya pembangunan. Untuk sumur resapan, Concrete pipe yang digunakan umumnya berbentuk bulat atau lingkaran
  • Untuk membuat gorong-gorong
    Concrete pipe untuk gorong-gorong memiliki tipe yang sama seperti pembuatan sumur resapan. Bedanya, Concrete pipe untuk gorong-gorong umumnya dipilih dari yang berbentuk setengah lingkaran dan berangka sehingga lebih kuat saat digunakan.

Dibandingkan dengan dicor atau yang lain, pembuatan gorong-gorong saat ini lebih banyak menggunakan Concrete pipe atau buis boston sebagai bahan pembangunannya.

Penggunaan concrete pipe sangat cocok dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi banjir di suatu daerah. Kelebihan air pada suatu tempat bisa bersumber dari banyak hal mulai dari air hujan, rembesan serta kelebihan dari air irigasi. Pembangunan drainase dari Concrete pipe dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan genangan air yang berpotensi menganggu kehidupan masyarakat.

Pipa Beton Banjir

Jenis-jenis Concrete pipe

Ada beberapa jenis concrete pipe dibedakan dari bentuk, bahan pembuatan serta penggunaan rangkanya, seperti yang berikut ini:

  • Berdasarkan penggunaan rangka
    Concrete pipe memiliki 2 macam rangka yaitu rangka baja dan yang tidak berangka. Rangka baja memiliki daya tahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan yang tidak berangka.
  • Berdasarkan bentuknya
    ada 2 bentuk concrete pipe yaitu yang berbentuk setengah lingkaran serta yang berbentuk satu lingkaran penuh.Keduanya memiliki konsep serta fungsi yang sama yaitu sebagai pembangunan gorong-gorong serta drainase.
  • Berdasarkan bahan pembuatan
    berdasarkan bahannya, Concrete pipe dibedakan menjadi 2 yaitu yang menggunakan pasir dan yang tidak menggunakan pasir.

    Dibandingkan dengan yang menggunakan pasir, Concrete pipe yang tidak berpasir jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan pasir memiliki sifat menyerap air sehingga kurang bagus dijadikan sebagai bahan pembuatan buis beton atau Concrete pipe.

  • Berdasarkan tipenya
    ada 2 tipe Concrete pipe yaitu HD atau heavy duty serta light duty atau LD. Tipe HD biasa digunakan untuk jenis pipa yang dilewati kendaraan besar seperti trailer, truk dan lain-lain. Sedangkan LD biasa digunakan pada dinding sumur serta saluran pipa yang tidak dilewati oleh kendaraan bermuatan berat.

Concrete pipe atau buis beton digunakan karena memiliki begitu banyak manfaat terutama dalam bidang pembuatan sumur serta drainase. Concrete pipe juga lebih hemat daripada menggunakan batu kali. Untuk mencari Concrete pipe yang kuat dan awet, anda bisa memilih concrete pipe yang berangka baja.

Demikian informasi mengenai concrete pipe atau RCP sebagai solusi penanganan banjir baik untuk wilayah perkotaan maupun pedesaan. Sebagai bahan pertimbangan anda untuk kebutuhan saluran di bawah ini merupakan beton precast yang kami jual

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Tap contact person di bawah ini untuk melakukan pemesanan dan konsultasi mengenai produk yang kami tawarkan dalam web ini
Chat WhatsApp
Pak Aloy