Beton

Jenis Beton Precast dan Fungsinya

Jenis Beton Precast dan Fungsinya

Beton precast atau pracetak adalah beton bertulang yang dihasilkan melalui pencetakan dengan berbagai macam bentuk, pencetakan beton precast berdasarkan standarisasi yang telah ditentukan. Produksi beton precast biasa dipabrik-pabrik khusus.

Segala jenis produk beton yang terkandung didalamnya konstruksi penulangan didalamnya yang dibentuk atau dicetak secara khusus, sudah dipastikan itu disebut beton precast atau istilah lainnya reinforced concrete.

Jenis Beton Precast

Jenis beton precast dan fungsinya salah satunya yang sering dijumpai adalah U ditch yang biasa diperuntukan untuk pembuatan saluran air, berikut ini lebih lengkap kami kupas tentang jenis-jenis beton precast beserta fungsinya

Selanjutnya dibawah ini kami uraikan keseluruhan jenis-jenis beton pracetak tersebut

  1. RC U DITCH

Beton precast yang satu ini secara spesifik memang pada umumnya berbentuk fisik menyerupai huruf U, akan tetapi pada kepentingan lain ada pula yang berbentuk lain, selama itu kepentingannya untuk yang berhubungan dengan galian atau parit untuk kepentingan pengairan.

Precast U Ditch

U Ditch adalah beton bertulang atau beton precast yang sengaja diproduksi secara umum berbentuk menyerupai huruf U, Ditch sendiri artinya yaitu parit, fungsi U Ditch biasanya untuk kebutuhan saluran pengairan, got, drainase dan lain-lain, umumnya diberi penutup yang disebut dengan Cover U Ditch.

Bila anda memerlukan informasi tentang harganya silakan lihat di: harga u ditch

Pada kepentingan lain untuk kebutuhan yang berhubungan dengan galian parit .

Pada contoh kasus penggunaan lain dari precast U Ditch ini yang sering digunakan yaitu pada daerah-daerah yang secara struktur pengairannya kurang baik, seperti wilayah rawan banjir, irigasi untuk pesawahan dan lain sebagainya, walau bukan merupakan solusi yang pasti tetapi setidaknya dapat meminimalisir.

Dipasaran harga u ditch cukup bervariasi tergantung dari jenis dan ukurannya, begitu juga dengan penutup u ditchnya, harga tutup u ditch juga terpisah dari jenis u ditchnya itu sendiri

  1. RC BOX CULVERT

RC Box Culvert atau reinforced concrete, beton precast box culvert ini berbentuk kotak atau, bila diterjemahkan artinya gorong-gorong berbentuk box.

RC Box Culvert adalah jenis beton precast dengan menggunakan struktur pembesian secara sistematis, terukur dan terencana secara matang, ukuran box culvert dari mulai 40 x 40 x 100 cm sampai 4 meter

Precast Box Culvert

Box Culvert secara spesial dibuat untuk kepentingan penopang jembatan, gorong-gorong bersekala besar, pembuatan box culvert ini dilakukan di pabrik beton precast secara khusus.

Ini dia daftar harga box culvert berbagai ukuran

Dalam pembuatan box culvert pada dasarnya dapat dilakukan di lokasi proyek akan tetapi hanya untuk proyek-proyek bersekala besar, seperti pada proyek pembuatan jalan tol untuk pembutan trowongan.

MUTU BETON UNTUK RC BOX CULVERT

Mutu beton untuk reinforced concrete box culvet ini menggunakan beton dengan berkebutuhan jenis beton pratekan, yaitu minimal menggunakan beton K350.

Jika anda tertarik dengan produksi beton precast ini, disini kami terintergrasi dengan perusahaan pembuatan berbagai jenis beton precast.

  1. PAVING BLOCK

Paving block adalah material konstruksi yang dibuat darai komposisi semen portland maupun material perekat hidrolis lainnya, agregat dengan atau tanpa bahan campuran lainnya juga air, pencampuran tersebut tidak mengurangi mutu dari jenis beton dan hampir mendekati karakteristik mortar.

Paving block atau juga istilah lain conblcok ini menggunakan mutu beton minimial dengan mutu K50 dan K100 dan itu pun bila diproduksi dengan cara manual, ada pula yang menggunakan mutu kelas C-B (K 150-250) dengan menggunakan mesin press jenis vibrasi

Precast Paving Block

Bentuk paving block secara umum berbentuk persegi panjang dengan ukuran antara 21 x 10,5 cm dengan ketebalan 6 cm, 8 cm & 10 cm, dan bentuk lainnya ada yang berbentuk hexagon, trihex, ubin dan lain sebagainya.

Lihat penawaran menarik di laman harga paving block

Jenis beton pracetak ini sering diaplikasikan untuk pemasangan di jalan dikarenakan memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  • Pemasangan mudah, cepat, dan tidak perlu alat berat
  • Bisa diproduksi secara massal
  • Mudah perawatan dan bisa dibongkar lalu dipasang kembali
  • Paving blok relatif tahan terhadap beban statis dan dinamik
  • Tidak rusak karena tumpahan bahan kimia, oli, serta pemasanasan mesin kendaraan.

Kelemahan dari beton precast paving blok ini sendiri ialah aplikasinya yang mudah bergelombnag bila dasar pondasi tidak kuat. Hal ini menyebabkan kurang nyamannya ketika berkendara melewati paving blok. Maka dari itulah, untuk mendapatkan mutu terbaik dari paving blok, perlu adanya standar mutu yang harus dipenuhi oleh pabrik-pabrik pembuat beton precast paving blok. Persyaratan paving blok layak pakai ialah sebagai berikut:

  • Memiliki bentuk sempurna dengan tidak adanya retak atau cacat.
  • Bagian sudut dan rusuk harus cukup kuat hingga tidak bisa direpihkan dengan kekuatan tangan
  • Kuat tekan paving blok tergantung kegunaan.
    – perkerasan jalan : kuat tekan rata-rata      400Kg/cm2
    – tempat parkir: kuat tekan rata-rata      200 Kg/cm2
    – untuk pejalan kaki: kuat tekan rata-rata      150 Kg/cm2
    -untuk taman kota : kuat tekan rata-rata      100 Kg/cm2
  1. ROAD BARRIER

Road barrier adalah salah satu jenis beton precast yang biasa dipesan dalam jumlah banyak. Karena kebutuhannya untuk kepentingan publik, yakni sebagai pengaman jalan, maka kualitas dari beton ini perlu dipertimbangkan sebagai prioritas utama.

Precast Road Barrier Beton

Beton precast untuk road barrier digunakan sebagai pembatas dan pengaman jalan. Beton ini bisa dipindahkan untuk kondisi jalan tertentu, sehingga bukan merupakan pembatas permanen dijalan, meksipun pemindahannya harus menggunakan alat khusus karena cukup berat jika diangkat dengan tenaga manusia saja.

Anda perlu MCB Concrete Barrier? lihat di Harga Road Barrier Beton

Beton precast untuk road barrier dipesan khusus untuk membantu kepolisian lalu lintas  untuk menanggulangi kemacetan dan mencegah kecelakaan. Sifatnyat kuat dan kokoh hingga tidak mudah berpindah dan bergeser. Jika terkena terpaan angin, beton juga tidak akan mudah bergerak.

Dengan fungsinya tersebut, beton untuk road barrier harus memiliki kuat beton yang bagus dengan pemilihan material berupa semen dan agregat terbaik. Saking kuatnya beton precast ini, maka beton road barrier yang bermutu tidak akan mudah retak meskipun terkena atau tertabrak kendaraan berat sekalipun.

  1. KANSTIN

Seperti halnya road barrier, kanstin merupakan jenis beton precast yangjuga biasa digunakan sebagaipembatas jalan danjuga bingkai jalan.

Penggunannya juga bisa pada berbagai tempat public, seperti pinggiran taman dan pinggiran trotoar. Fungsinya ialah sebagai pembatas dan mengunci ruang untuk menghindari pergeseran ruang.

Dengan peletakan kanstin yang kokoh di area trotoar, memungkinkan untuk mengunci area dan mencegah pengendara bermotor melintas pada area khusus pejalan kaki tersebut.

Precast Kanstin Beton

Pembatas dengan kanstin ini sangat kuat dan kokoh sehingga tidak mudah dipindah bahkan digeser. Beton precast khusus untuk produk ini ialah yang berkualitas K-225 yang sangat kuat. Untuk mendapatkan kaulitas terbaikk, metode pembuatan yang diterapkan bisa berupa wet cast mixing, disebut juga dengan cor berair.

Pada beberapa lokasi pembatas jalan, kita bisanya menemukan kanstin dengan ukuran dan juga bentuk yang  kanstin berbeda. Pengadaan tampilan fiisknya ini disesuaikan dengan kebutuhan dan pemesanan.

Ada kanstin dengan panjang 40 hingga 60 cm dengan tinggi yang juga bervariasi. Tentu, ukuran dan juga dimensi ini juga mempengaruhi harga kanstin precast. Semakin besar dan kuat maka akan semakin mahal harganya.

  1. PAGAR PANEL DAN KOLOM

Beton pracetak atau beton precast adalah salah satu inovasi yang mendukung kerja konstruksi sehingga menjadikan pengerjaan lebih cepat dan lebih ekonomis.

Salah satu produk beton precast ini ialah pagar panel dan kolom. Dengan adanya beton precast ini, maka pengerjaan konstruksi untuk pagar dan kolom khususnya, jadi lebih mudah dan cepat. Beton precast kegunaan pagar panel ini berbentuk balok  kolom untuk aplikasinya yang mudah dan lebih praktis. Bahkan bisa pula digunakna untuk plat jembatan.

Precast Pagar Panel Beton

Dari segi harga, beton pracetak untuk panel dan kolom juga lebih murah hingga pembangunan perumahan yang layak pun bisa terealisasi dengan adanya beton precast ini. Bukan hanya rumah, aplikasinya bisa digunakan untuk asrama, ruko, bahkan gedung perkantoran.  Selain dari sisi ekonomis dan juga pemsangan yang mudah, pemilihan precast untuk pagar panel dan kolom didasari atas beberapa pertimbangan, antara lain:

  • Pengontrolan mutu bisa lebih baik karena komponen berupa frame telah dibuat terlebih dahulu untuk menjamin kualitas beton tetap konsisten.
  • Mengurangi penggunaan bahan cetakan dari bahan kayu serta mengurangi penggunaan perancah pada struktur.
  • Tenaga kerja lebih bisa dikurangi
  • Mengurangi pencemaran udara dilokasi konstruksi pagar panel dan kolom.

Metode pembuatan untuk beton precast dinding panel dan kolom sendiri tidak jauh berbeda dari jenis  beton precast pada umumnya. Beton dibuat di pabrik dengan cetakan tertentu untuk membentuk beton berupa balok, kolom, maupun plat yang diinginakn sesuai kebutuhan konstruksi.

Setelah beton cukup umur dan matang sempurna, barulah dipasang pada konstruksi. Untuk pemasangan yang sempurna, maka sambungan aantar komponen di grout  dengan beton kualitas tinggi.

Dengan standar pemilihan material beton, cara cetak yang benar, dan juga pengangkutan yang baik, maka beton precast untuk panel dan kolom bisa dipasang untuk konstruksi yang kuat dan juga awet.

Untuk bahan pertimbangan penawaran beton dapat dilihat di: harga beton cor tiga roda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *