Beton

Mengenal Beton Non Pasir Untuk Bangunan

Mengenal Beton Non Pasir Untuk Bangunan

Mengetahui jenis beton non pasir mulai dari kelebihannya dibanding jenis beton yang lain dan juga manfaatnya dalam pembangunan

Beton non pasir atau lebih dikenal sebagai no fines concrete adalah bahan material sederhana dari beton ringan. Proses pembuatan jenis beton ini dilakukan tanpa memakai agregat halus atau pasir. Tidak adanya agregat tersebut di dalam campuran bahan material menghasilkan jenis beton berpori, sehingga berat beton menjadi lebih berkurang.

Beton non pasir juga dikenal sebagai permeconcrete atau pervious concrete. Maksud dari istilah tersebut adalah beton yang dibuat dari campuran semen, agregat kasar, admixture dan air.

Apa yang Dimaksud Beton Non Pasir

Pada umumnya, beton memiliki berat jenis rendah jika dibandingkan dengan beton normal. Berat jenis beton ini dapat dipengaruhi oleh berat jenis dari kombinasi agregat yang menjadi penyusunnya.

Berat jenis beton tersebut dengan memakai agregat lempung bekah mencapai kisaran 1.20. Sedangkan berat jenis beton non pasir dengan memakai agregat batu apung adalah berkisar 1.60. Adapun kuat tekan pada beton ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya faktor air semen, jenis bahan material, dan perbandingan volume agregat.

Baca juga:

Cellular Lightweight Concrete

Keunggulan Beton Non Pasir

Terdapat beberapa keunggulan dari pemakaian jenis beton non pasir dalam dunia pembangunan. Adapun beberapa kelebihan atau keunggulan jenis beton yang satu ini antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Beton jenis ini merupakan beton ringan dengan tingkat kerapatan 25 hingga 30 persen. Hal ini membuat beton non pasir memiliki berat yang terasa lebih ringan dibandingkan beton normal.
  2. Lantaran tidak memiliki pasir dalam penyusunannya, beton tersebut memiliki susut pengeringan lebih sedikit dibandingkan jenis beton normal.
  3. Beton ini mempunyai karakteristik isolasi termal lebih baik dibandingkan beton normal. Hal tersebut berguna dalam proses konstruksi dinding terluar.
  4. Lantaran tidak memiliki pasir, maka luas permukaan yang diperlukan untuk pelapisan semen berkurang, Hal tersebut mempengaruhi kebutuhan semen yang diperlukan menjadi berkurang per meter kubik dibandingkan dengan beton normal. Hal itu lebih ekonomis.
  5. Sifat ringan dari jenis beton tidak berpengaruh pada mutu disebabkan pemisahan agregat kasar, sehingga tidak mempunyai agregat halus.
  6. Beton dapat dipadatkan tanpa perlu jenis vibrator dan kemudahan dengan cara ditekuk memakai batang.

Baca juga:

Jenis Pasir
No Fines Concrete
Contoh: No Fines Concrete

Kelemahan Beton Non Pasir

Selain memiliki keunggulan, beton non pasir memiliki beberapa kelemahan. Adapun beberapa kelemahan dari jenis beton ini adalah :

  1. Lantaran tidak ada agregat halus dalam pengisian kekosongan beton tersebut, hal ini memicu permeabilitas yang cenderung tinggi dibandingkan jenis beton normal. Maka dari itu, pemakaiannya tidak baik untuk jenis beton bertulang karena penguatnya mudah mengalami korosi.
  2. Penambahan biaya apabila ingin membuat beton non pasir kedap air dengan memakai lapisan plester batu.
  3. Jenis beton ini juga tidak dapat dilakukan pengujian untuk menunjukkan kemampuan kerja dengan uji normal baik pengujian kemerosotan maupun pemadatan. Nilai kemampuan dan metodenya masih belum diketahui.

Baca juga Untuk kebutuhan beton normal:

Jual Jayamix

Pengaplikasian Beton Non Pasir

Meskipun memiliki bobot cenderung lebih ringan dibandingkan jenis beton normal, namun beton jenis ini juga berguna untuk banyak hal. Penggunaan bahan konstruksi yang satu ini bisa ditemukan dalam beberapa jenis konstruksi seperti ulasan di bawah ini :

Konstruksi Bangunan

Pemakaian jenis beton non pasir sudah banyak dimanfaatkan dalam bidang konstruksi bangunan gedung. Biasanya, pemakaiannya adalahuntuk pembangunan gedung apartemen empat lantai. Penggunaan beton tersebut lantaran si kontraktor memakai imajinasi tekstur tidak seperti biasanya.

Pemakaian beton non pasir memang belum populer, namun pada perkembangan pernah diterapkan untuk struktur ringan yakni, dinding bangunan, kolom, bata beton dan buis beton.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Konstruksi Perkerasan Jalan

Pengaplikasian beton non pasir sebagai pengerasan jalan dikenal dengan sebutan permeconcrete (pervious concrete). Penggunaan beton ini dipakai lantaran lebih ramah lingkungan, sehingga diterapkan pula pada jalan agar air hujan dapat meresap ke dalam tanah.

Bagi Anda yang berminat melakukan pemesanan jenis beton non pasir bisa langsung menghubugi kami. Produk yang kami tawarkan merupakan jenis produk yang berkualitas sehingga bisa lebih awet saat digunakan. Anda juga tidak perlu khawatir karena produk kami memiliki harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.